Kamis, 26 Maret 2009

WAYANG KULIT KITA





















































Para pencinta wayang kulit ,saya ingin berbicara masalah wayang kulit, karena saya paling suka daya seni yang ada di wayang kulit.berbagai wajah dan karakter terwakili dalam diri wayang,jadi kalau kita mempelajari tentang wayang akan sangat mengasikan. Siapa si gatut kaca, siapa si Bhima dan lain-lain.mengapa pandawa harus menang dengan kurawa. apa istimewanya pandawa.
siapa si Kresna itu mengapa dalam cerita ia begitu dominan dalam berbagai hal . Untuk itu akan kita lanjutkan lagi,karena saya akan terus mencari bahan . terima kasih atas kunjungan anda semua.
Para penggemar wayang,saya mempunyai gambar dan nuwun sewu buat kidemang soko wetan injinkan saya untuk meminjam dan menampilkan gambar wayang bapak untuk ditampilkan diblog saya ,tujuannya adalah untuk melestarikan dan memperkenalkan wayang didunia international bahwa kita sebagai bangsa Indonesia masih mempunyai kebudayaan yang wajib kita lestarikan.
Saya adalah salah satu pengemar wayang terutama dari segi nilai seni.nah wayang yang saya tampilkan iniaslinya adalah hitam putih, tetapi saya coba untuk memberi warna,dan ada beberapa wayang yang saya modifikasi berdasarkan atau saya pernah melihat wayang kulit tetapi kidemang soko wetan belum menampilkan jadi coba saya modifikasikan.silahkan berkomentar apabila masih banyak kekurangannya.
PULASIO adalah seorang ditya yang hidup dijaman Ramayana , dimana ia adalah teman dari Hanoman.ia berwujud seperti bhima tetapi berwajah raksasa dan bertaring.gambar wayng ini adalah modif dari bhima yang wajahnya diganti dengan wajah raksasa.









PATIH UDAWA
Adalah patih dari ndwarawati patihnya prabu Kresna,ia adalah sebenarnya putra prabu Basudewa dengan Ken sagupi, yang tinggal di widorokandang. Muka udawa mirip Karasana alias Baladewa.Jadi Baladewa dan Kresna adalah saudara seayah karena bapaknya adalah Basudewa.Udawa mengabdi pada prabu Kresna sebagai patih .Kesaktiannya sangat luar biasa.






ADIPATI KARNA
Adipati Karna atau juga BAsusena,BAsukarna adalah putra dewi Kunti dengan Batara Surya.Jadi dia adalah saudara tua Pandawa.Istrinya adalah Dewi Surtikanti anak Prabu Salya.Adipasti Karna dalam perang Bharatayuda membela Kurawa karena budi baik dari Duryudana.Kesaktiannya hampir menyamai Harjuna dalam senjata panah. Dialah yang berhasil membunuh Raden Gatotkaca,putra Bhima.






BAWOR
Adalah dalam pedalangan jawa biasa disebut Bagong.ia adalah anak Kilurah Semar yang terbentuk dari Bayangan Semar , sehingga model badanya hampir mirip.Bawor mempunyai saudara lagi yaitu Petruk dan Gareng.Mereka biasanya penjadi pengikut setia pada keluarga Pandawa, yang selalu membela kebenaran dan keadilan.







PETRUK
Adalah salah satu punakawan yang menjadi abdi dalem pandawa.ia sebenarnya adalah jelmaan dari raksasa.ia sama sama dengan Gareng yang juga seorang raksasa.petruk nama lainnya adalah Kantongbolong.









GARENG
Gareng adalah punakawan yang merupakan jelmaan dari raksasa.ia adalah abdi dalem pada keluarga Pandawa. saudaranya adalahBawor dan Petruk , meraka sama-sama menjadi anaknya Kilurah Semar.









WERKUDARA
Adalah salah satu dari Padawa. ia berbadan besar dan sangat sakti.istrinya adalah Dewi Urang ayu berputra antasena, Dewi Arimbi berputra Gatotkaca, dan Dewi Nagagini berputra Hanantareja.Werkudara juga mempunyai nama lain yaitu Bhima,Tuguwisesa, Panduputra, Bayuputra.







JAYADRATA
JAYADRATA adalah menantu dari Drestarata raja Hastinapura .Dalam perang Bharatayuda ia berhasil membunuh Abimayu putra Harjuna, sehingga Harjuna menuntut balas. Dan akhirnya Jayadrata pun mati ditangan Harjuna.
Jayadrata terbentuk dari bungkusnya bhima yang diambil oleh begawan Sapwani dan dirubah menjadi manusia bernama Jayadrata.







ABILAWA
Abialawa adalah bhima padawaktu dalam pengasingan
selama 13 tahun.Ia berambut godrong dan teruai untuk
menyamarkan kalau dirinya adalah werkudara












ABIMANYU












ANTAREJA

1 komentar: